UKM Pasuruan belajar Membuat Artikel Yang Menjual Copywriting
UKM Pasuruan belajar Membuat Artikel Yang Menjual Copywriting |
Internet sama seperti kehidupan
nyata. Beda hanyalah internet hanya komunikasi satu arah semata. Kalau di dunia
nyata kita bisa komunikasi 2 arah. Yups betul.
Kini saatnya kita harus pinter
pinter membuat strategi bagaimana membuat tulisan yang sama dengan pembicaraan
di dunia nyata. Dengan tulisan kita bisa merayu banyak orang. Dengan tulisan
kita bisa meyakinkan banyak orang.
Kalau tulisan, sekali tulis bisa
dibaca berkali kali. Kalau pembicaraan, hanya sekali untuk satu waktu. Itulah
bedanya kejaiban tulisan. Memang ketika menulis kita harus dan wajib
sepandainya mungkin membuat tulisan kita menjadi nyata seperti orang yang
sedang berbicara dan ada yang menjawab.
TEKNIK #1 PERTANYAAN PILIHAN
Pada kali ini Saya ingin sharing
dengan Anda satu tips sederhana agar Anda bisa Closing prospek dan membuat dia
membeli produk yang Anda jual.
Teknik ini Saya sebut dengan
Teknik: PERTANYAAN PILIHAN
Apakah Anda pernah mendengarnya?
Intinya: “Jangan Pernah Biarkan
Calon Pembeli Anda berkata: TIDAK!"
Untuk memudahkan pemahaman, coba
Anda perhatikan contoh berikut ini:
Sales : “Bagaimana bu Dewi, jadi
beli mobilnya nggak?”
Bu Dewi : “Oh, nggak jadi pak...”
Sales : “Yaudah deh bu...”
#LapKeringat
Saya menyaksikan banyak sekali
para penjual *Saya yakin itu bukan Anda* yang ketika menjual produknya
menggunakan pertanyaan serupa seperti contoh di atas.
Saat mereka bertanya dengan pertanyaan
seperti itu, Saya yakin kebanyakan orang akan menjawab: "NGGAK!!"
Kenapa demikian?
Karena pertanyaan yang digunakan
SALAH!
Pertanyaan tersebut secara tidak
langsung memberikan sinyal kepada calon pembeli untuk berkata “TIDAK”. Apalagi
pertanyaan tersebut terlontar sebelum adanya kedekatan antara calon pembeli dan
si penjual.
Lalu, bagaimana seharusnya?
Gunakanlah teknik PERTANYAAN
PILIHAN saat Anda ingin melakukan CLOSING.
Misalnya...
•
”Lebih suka warna merah atau biru?”
•
“Mau ambil ukuran yang besar atau kecil?”
•
“Mau bayar tunai atau kredit?”
•
“Mau DP sekarang atau besok?”
•
“Jaketnya formal atau non formal?”
•
“Mau dikirim atau diambil?”
•
“Mau dikirim ke rumah atau ke kantor?”
•
“Mau beli 1 pcs atau 1 lusin?”
•
“Mau paket A atau paket B?”
•
“Mau paket bulanan atau tahunan?”
•
“Yang kapasitasnya 10.000 mAh atau 20.000 mAh?”
•
“Jam tangannya yang sporty atau formal?”
•
“Lebih nyaman pake manual atau matic?”
•
dan lain-lain
Coba Anda perhatikan, dari
contoh-contoh diatas, adakah celah bagi calon pembeli untuk berkata “TIDAK” dan
menolak untuk membeli produk Anda?
Jawabannya: TIDAK!
Karena si penjual menggunakan
pertanyaan pilihan yang bisa menyudutkan calon pembeli untuk memilih salah satu
diantara dua hal yang ditawarkan.
Namun yang mesti diperhatikan,
teknik ini hanya boleh dilakukan jika Anda sudah benar-benar melakukan PDKT
dengan calon pembeli dan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan, keinginan, atau
permasalahan mereka.
Jangan Gunakan Teknik ini Terlalu
Cepat saat Anda Jualan, kecuali Anda sudah melakukan edukasi sebelumnya di
jauh-jauh hari.
Bagaimana, Apakah Anda menangkap
maksud dari tips Saya tersebut?
Semoga Bermanfaat ya
Kabari Saya ya jika terjadi
Closing Penjualan. Okey?
========================================
Lebih banyak menggunakan kata
akhiran "Kan atau Iya" untuk menggantikan kata "Tidak".
"Jadi beli yang ini
kan?"
"Baju biru ini kan?"
"Saya carikan model yang ibu
maksud, ibu tunggu ya...?"
Bisa sepeti ini juga kan?
UKM Pasuruan belajar Membuat Artikel Yang Menjual Copywriting |
UKM Pasuruan belajar Membuat Artikel Yang Menjual Copywriting |
UKM Pasuruan belajar Membuat Artikel Yang Menjual Copywriting |
UKM Pasuruan belajar Membuat Artikel Yang Menjual Copywriting |
UKM Pasuruan belajar Membuat Artikel Yang Menjual Copywriting |
UKM Pasuruan belajar Membuat Artikel Yang Menjual Copywriting |